Cara membuat kabel UTP atau kabel LAN Straight dan Cross

Untuk membangun sebuah Jaringan Komputer diperlukan koneksi kabel LAN. Oleh karena itu disini saya akan menjelaskan tentang Cara membuat kabel UTP atau kabel LAN Straight dan Cross. Kabel LAN ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan komputer dengan komputer, router, switch, akses point dan perangkat jaringan lainnya.

Berikut ini adalah peralatan yang diperlukan dalam membuat kabel LAN yaitu:

Kabel UTP / Kabel LAN, adalah jenis kabel yang digunakan untuk membuat jaringan komputer. Kabel ini berisi 8 dan masing-masing kabel memiliki warna berbeda. Ada kabel CAT 5 , CAT 6. Yang sering saya gunakan yaitu kabel UTP CAT 6.

Crimping Tools (Tang Krimping), adalah alat untuk menjepit konektor RJ 45 dengan kabel LAN agar pin pada konektor RJ 45 nya kuat terjepit pada kabel. Crimping Tools yang saya gunakan ini bisa untuk dipakai crimping konektor RJ 11.

Konektor RJ 45, adalah alat yang dipasang pada ujung kabel UTP, supaya bisa dipasang pada port LAN komputer, Router, Switch, Akses Point dan perangkat jaringan lainnya.

Jenis pengkabelan ada 2, yaitu jenis kabel UTP Straight dan kabel UTP Cross. Masing-masing memiliki urutan warna yang berbeda.

Berikut ini adalah urutan warna pada masing-masing jenis kabel UTP tersebut.


Cara membuat nya sebagai berikut :

Untuk lebih mudah, silahkan liat video nya disini : Cara membuat jaringan LAN