Jaringan Komputer

Apakah kalian mengenal Jaringan Komputer? dan apa pengertian dari Jaringan Komputer tersebut? . Saya akan bahas tentang pengertian dari Jaringan Komputer. Jaringan Komputer adalah sekumpulan perangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain, seperti untuk sharing data, transfer data, dan sharing printer dengan menggunakan kabel dan tanpa kabel. Sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya.


Keuntungan menggunakan Jaringan Komputer ini adalah:

  1. Memudahkan pengguna dalam berbagi informasi dan data, baik dalam jarak yang dekat maupun jarak yang jauh.
  2. Pemakaian Hardware secara bersama, misalnya Printer. 1 printer bisa dipakai beberapa pengguna untuk mencetak data.
  3. Melakukan backup pada komputer lain dengan tujuan untuk menghindari kehilangan data suatu saat ketika komputer error atau corrupt.
  4. Memudahkan pengguna dalam mengakses program pada server dan menyimpan isi data pada database program yang ada pada server

Kerugian menggunakan Jaringan Komputer ini adalah:
  1. Bagi sebuah perusahaan sangat memerlukan biaya yang tinggi untuk membangun sebuah jaringan. Untuk membangun jaringan ini memerlukan beberapa aspek terpenting seperti pembelian  Hardware, Software, dan komponen pendukung dalam jaringan seperti Kabel jaringan, hub/switch, Akses point, dll. Dan biaya untuk instalasi jaringan oleh teknisi yang sudah handal pada pemasanga jaringan.
  2. Sering terjadi kelalaian pada saat sharing file, sehingga data-data dapat dibuka oleh pengguna lain. Dan yang lebih parah nya lagi kalau data-data tersebut adalah data yang sangat penting dan rahasia, kemudian di copy atau di cut oleh pengguna lain.
  3. Adanya virus atau serangan hacker yang dapat menembus jaringan sehingga dapat mengganggu pengguna.