Modus Penipuan Lowongan Kerja

Hati - Hati buat Kalian yang belum tau tentang seluk beluk perusahaan yang tidak dikenal. Oleh karena itu Kalian harus pintar dalam memilih Lowongan Pekerjaan. Disini Saya akan memberi info tentang perusahaan yang menipu.

Sebelumnya apakah kalian pernah liat iklan di koran maupun di internet yang mengiming imingi gaji lumayan besar ?
seperti contoh iklan baris yang ada pada koran :
atau seperti info loker di internet :
.
Masa sih pertama kita masuk kerja atau baru lulus sekolah dan belum punya pengalaman udah dapet gaji besar. Dan yang aneh nya lagi masa kita harus ngirim data diri lewat sms ? maaf sebelumnya foto yang di atas kurang lengkap data nya , kalo mau yang lebih lengkap tinggal search aja sendiri.

Pengalaman Saya.
Waktu itu, Saya baru lulus SMK dan masih nunggu ijazah. Saking pingin cepet-cepet kerja saya langsung membeli koran. Dan saya melihat ada loker yang berisikan "Langsung kerja , SMK gaji 2jt-5jt perbulan kirim data diri ke no *********** hub Bpk ****" . Begitu saya sms data diri ke nomor tersebut , tiba tiba langsung dapat balasan. Balasannya seperti ini : "Anda sekarang dimohon datang buat interview jam 11 bertemu dengan Bpk. **** , pakai seragam rapih, datang langsung ke PT. MITRA UTAMA GLOBAL Jl.Leuwi Panjang NO. 101 B BANDUNG, ditunggu secepatnya".  Begitu saya dapet sms gitu, saya langsung bergegas buat siap siap menyiapkan lamaran. Saat saya sampe ke PT tersebut, ternyata banyak orang yang sedang interview dan saya di suruh untuk mengisi data diri pada formulir yang diberikan. Selesai mengisi formulir tersebut saya dipersilahkan duduk untuk menunggu giliran interview. Dan akhirnya tiba juga saya yang di interview. Emang sih pertanyaan nya sama seperti waktu interview di PT lain, tapi pas terakhirnya katanya untuk masuk ke PT ini ada training nya dan training itu digantikan dengan biaya Rp 650 rb. Saya sangat kaget ketika disuruh bayar. Pas HRD nya menanyakan ke saya punya duit segitu gak? lalu saya jawab, gak punya segitu mah . Kalo 500 rb punya gak? saya jawab lagi, tidak punya. HRD itu terus menanyakan uang saya sampe 20 rb. Dan HRD nya sempat kesal ke saya. Dan terpaksa saya harus membayar dulu uang muka sebesar 20 rb tersebut buat jaminan. HRD itu bilang lagi ke saya , Kamu nanti jam 2 datang lagi ya kesini untuk melunasi sisa pembayaran administrasi nya, kalo tidak kesini lagi berarti uang 20 rb itu udah tidak bisa dibalikin. Dan saya pun menjawab, iya baik bu (sambil nada kesal dan marah). Dan saya pun diberi selembaran surat uang muka dari PT itu.


Masa mau masuk kerja harus bayar dulu sih??? Emangnya mau masuk akademik polisi atau militer gitu. Semenjak dari peristiwa tersebut , saya sekarang mulai efektif dalam mencari lowongan pekerjaan.

Nasihat dan Saran saya
Nasihat :
Pintar pintar lah dalam mencari informasi lowongan kerja . karena masih banyak perusahaan berkedok begini.
Saran :
Lebih baik kalau dapat informasi lowongan kerja, cari tau dulu tentang informasi perusahaan yang kalian dapat tersebut . Dan harus berpikir , gaji UMR di kota kalian tuh berapa..


Sekian informasi yang saya berikan ,, mohon maaf kalau kata kata diatas ada salah penulisan . Karena saya cuma ingin curhat sekaligus memberitau kepada kalian semua agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi .

Sekian dan terima kasih